Jika Konten adalah Raja, Maka Desain adalah …?


diskusi_peran_desain_dan_konten_sebagai_raja
OrderDesigns – Artikel ini adalah tulisan dari saudara Graha Nurdian di Jurus Grafis. Banyak pendapat bahwa untuk membuat blog dan website dibutuhkan konten yang bagus, Bahkan sebagian orang menganggap bahwa elemen penting dalam blog dan web adalah konten. Tak heran jika dalam komunitas bloger mereka punya anggapan bahwa Konten adalah Raja

Telah banyak debat, jajak pendapat dan komentar mengenai hal tersebut, yang jelas cukup menjadi kontroversial dikalangan para blogger, sehingga para blogger cenderung membiarkan desain blog mereka acak – acakan karena mereka menganggap konten adalah satu-satunya hal yang paling penting.
Widget yang tidak beraturan, peletakan link sembarangan, dan gambar yang tidak tepat (dan tidak efektif) membuat saya sedih sebagai desainer (karena mereka kurang peduli terhadap desain blog nya sendiri :-( ).
Tetapi apa yang terjadi jika orang  melihat website anda dengan judul headline yang menakutkan? Apakah mereka akan berpikir telah mengunjungi website spam dan dengan segera menekan tombol back? (atau bahkan tombol close!) Hal itulah yang akan kita diskusikan pada artikel ini.

Jika (Raja) Konten Sedang Berada di Hutan

lion
Coba kita umpamakan konten adalah seekor singa (sang raja hutan), apa yang dibutuhkan singa supaya terlihat menyeramkan dan kuat?. Sudah pasti auman yang keras, gigi yang besar dan kuat serta bulu tebal yang melingkari leher.
Jika kita mengumpamakan konten sebagai si raja hutan, maka “gigi yang besar” , “auman yang keras” , “bulu leher yang tebal dan indah” sudah jelas adalah desainnya bukan? Ini merupakan contoh sempurna bagaimana konten blog/website anda tidak bisa menjadi raja tanpa dukungan dari desain blog/website tersebut.

Konten Sebagai Raja di Papan Catur

chess
Konten anda merupakan raja bukan? Mari kita umpamakan konten adalah raja dalam permainan catur, di posisi manakah desain website anda di papan tersebut? Apakah sebagai prajurit (Pion) yang berdiri di garis depan dan melindungi raja dari musuh? Lalu bagaimana dengan benteng, ratu, kuda, menteri dan peran penting lainnya dalam permainan catur?
Desain anda harus diperlakukan seperti semua peran dan langkah di papan catur karena mereka adalah bagian yang paling sering anda gunakan dan satu – satunya yang membuat permainan catur anda menjadi berbeda. Jadi, pastikan desain anda memiliki efek seperti itu – karena “Raja anda” bergantung kepada mereka.

Desain Sebagai Jubah dan Mahkota yang Bagus

kings_crown
Menurut saya, jika konten adalah raja, maka desain haruslah seperti jubah yang berkilau dan mahkota yang dikenakan oleh sang raja. Hal itulah yang membuat raja terlihat berwibawa dan memancarkan citra yang positif.
Coba bayangkan jika sang raja keluar dengan kaus dalam, kotor, dan kolor (celana pendek), siapa yang akan menanggapinya dengan serius? Desain website anda juga begitu, harus diperlakukan seperti hiasan kue untuk konten raja anda.

Opini anda

Baiklah sekarang kita sampai di akhir artikel, bagaimana pendapat anda mengenai topik ini? Apakah anda mendukung konten itu sepenuhnya raja? Ayo sampaikan melalui kolom komentar dibawah :)
Update : Artikel ini merupakan saduran dari If Content is Really King, Then What is Design?
Btw just for info saya juga punya blog ber niche desain seperti Jurus Grafis loh sebagai pelengkap bacaan desain anda. Silakan berkunjung ke Graha Design Blog.

//

Tentang Penulis

Seorang pelajar bodoh yang bermimpi menjadi seorang web desainer terkenal, belajar terus menerus untuk menjadi lebih baik, terus berkhayal tuk terbang ke angkasa tapi enggak kesampaian, akhirnya dia pun menulis blog tentang desain di http://www.grahanurdian.web.id
Iklan

3 thoughts on “Jika Konten adalah Raja, Maka Desain adalah …?

    • hasanabdulwahab

      salam.
      yang kami ketahui polusi informasi adalah berbagai info negatif atau hal-hal yang tidak berguna. Tapi Jika itu informasi tentang ilmu, berita dan hal-hak yang berguna, dan layak untuk disebarkan/disampaikan maka hak itu bukan polusi.
      Setiap penerbit mempunyai segmen yang berbeda, sehingga pengulangan berita berguna untuk penyebaran ilmu bagi segmen lain dan generasi selanjutnya.
      Terima kasih atas masukannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s